Selasa, 10 April 2012

Pengertian, Fungsi, Laporan,dan Konsep Dasar Akuntansi,

Pengertian Akuntansi
Akuntansi berasal dari bahasa asing accounting artinya menhitung dan mepertanggung jawabkan.Akuntansi merupakan kumpulan-kumpulan prosedur umtuk mencatat,mengklasifikasi,mengikhtisarkan dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan sehingga dapat dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan atau tujuan lainnya.

Fungsi Akuntansi
Akuntansi mempunyai fungsi sebagai informasi keuangan pada suatu perusahaan/organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu perusahaan/organisasi beserta perubahan yang terjadi didalamnya. Informasi keuangan sangat dibutuhkan khususnya manajer/manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu perusahaan/organisasi. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang.

Laporan Dasar Akuntansi
Laporan akuntansi meliputi output laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan neraca untuk suatu perusahaan/organisasi.Pada laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunaan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan berdifat suatu waktu tertentu.

Konsep Dasar Akuntansi  (Accounting Concept)

  1. Berkesinambungan  (Going Concern)
  2. Periode Akuntansi (Periodicity)
  3. kesatuan Akuntansi (Business Entity Concept)
  4. Pengukuran Dalam Nilai Uang (Money as unit of Maesurement)
  5. Harga Pertukaran (Historical cast)
  6. Penetapan Beban dan Pendapatan (Matching Cost Againts Revenue) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar